Tips Memilih Sepatu untuk Anak

Pilih Ukuran yang Pas dengan Kaki

Jika anak sulit diajak mengukur sepatu secara langsung, cetaklah telapak kaki anak Anda pada karton dan gunakan pola tersebut untuk memilih sepatu. Lakukan pengukuran pada sore hari saat kaki anak mencapai pengembangan terbesar.

Ukuran kaki anak akan berkembang pesat karenanya pastikan ukuran sepatu tepat. Sepatu yang terlalu kecil akan mengganggu perkembangan bentuk kaki karena jari kaki anak tertekan. Sebaliknya jika terlalu longgar akan mengganggu gerakan anak. Membuat anak mudah jatuh karena tersandung sepatunya sendiri.

Pilih Sepatu dengan Sol yang Tidak Licin

Lihat Juga : Sepatu Anak Laki Laki

Sepatu berkualitas baik memiliki sol yang kokoh, cukup tebal untuk melindungi kaki dari rasa sakit dan cedera. Cari sol berpola atau bertekstur sehingga tidak licin saat dipakai berjalan terutama jika anak Anda masih usia balita yang kontrol tubuhnya belum sempurna. Pastikan sepatu terbuat dari bahan berpori, mudah menyerap keringat, dan dapat menopang telapak kaki dengan baik.

Pilih Sepatu yang Mudah Digunakan Tapi Tidak Mudah Lepas

Anak-anak pada masa perkembangan motoriknya cenderung akan aktif bergerak dan berlarian. Untuk mendukungnya, berikan sepatu yang nyaman, mudah digunakan tapi tidak mudah lepas. Sepatu berperekat (velcro) lebih mudah bagi anak saat harus melepas dan memakai sepatu bila dibandingkan dengan sepatu bertali.

Pastikan perekat sepatu terbuat dari bahan yang baik dan nyaman. Jika Anda memilihkan sepatu bertali, pastikan anak Anda sudah dapat menguasai cara tali temali sepatunya sendiri agar memudahkan si anak dan Anda sendiri tentunya.

Pastikan Sepatu yang Dipilih Cukup Fleksibel untuk Pertumbuhan Kaki si Kecil

Sepatu yang ringan, terbuat dari bahan yang nyaman, dan mempunyai sol yang fleksibel sangat penting untuk mendukung pertumbuhan kaki anak. Tekuklah sepatu pada bagian ujung jari dan tumit untuk mengecek fleksibilitasnya. Jika sepatu dapat menekuk luwes pada bagian tengah, berarti sepatu ini fleksibel dan dapat Anda pilih.

Lihat Juga : Garsel Sepatu

Pilih Sepatu yang Ringan

Sepatu yang nyaman dan ringan akan membuat anak semangat untuk belajar berjalan dan berlari. Terutama untuk anak laki-laki yang biasanya lebih aktif bergerak saat bermain.

Pilihlah bahan sepatu yang ringan namun pastikan bagian sekitar sepatu tetap kuat agar aman dipakai. Terutama jika dipakai untuk bermain bola atau berlari agar tidak cepat rusak dan menunjang gerak aktif anak Anda.