Telat Membayar Pajak, Kendaraanmu Bisa Ditilang Polisi

Posted on

Telat Membayar Pajak, Kendaraanmu Bisa Ditilang Polisi

Konsultan Pajak Jakarta – Jika dalam seumur hidupmu kamu lebih suka naik kendaraan pribadi daripada menggunakan kendaraan umum, maka kamu harus tahu dengan baik kebijakan ini. Kebijakan yang mengatakan jika telak membayar pajak kendaraan bisa membuatmu kena tilang.

Selama kamu masih suka naik kendaraan pribadi dan selama kamu masih mampu membeli bensin, maka kamu harus memarhatikan factor lainnya ketika kamu memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi yaitu pajak tahunan.

Jangan menyepelekan pajak tahunan

Banyak orang yang kerapkali menyepelekan pajak tahunan ini karena menilai jika tidak membayar pajak tahunan membuatmu tidak akan ditilang polisi. Mereka menilai jika polisi tidak memiliki kewenangan untuk mencampuri pajak meerka karena hal itu didominasi oleh Dinas Pendatan Daerah, padahal yang perlu kita ketahui, bukan itulah yang jadi aturan mainnya.

Telak Membayar Pajak Tahunan Dapat Membuatmu Kena Tilang

Polisi sesungguhnya memiliki wewenang untuk menilang kendaraan yang tidak membayar pajak tepat waktu. Pada dasarnya kebijakan tersebut tertulis dalama Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tetang lalu lintas serta angkutan jalan menurut pasal 70 ayat 2. Pasal ini mengatakan jika STNK maupun TNKB berlaku sekitar 5 tahun dan sudah seharusnya dilaksanakan pengesahan tiap tahunnya.

Bila kamu tidak melaksanakan kewajiban untuk membayar pajak tiap tahun maka artinya surat kendaranmu tidak sah.

Ada pun dasar hukum lain yang mengatur hal ini terdapat pada Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012 yang mengatakan jika Registrasi serta indentifikasi kendaraan bermotor termasuk sejumlah pasal mengenai aturan itu yang menyebutkan jika STNK hanya berfungsi sebagai barang bukti legitimasi dari pengoperasian kendaraan bermotor.

Masa berlaku dari STNK adalah 5 tahun sejak tanggal STNK tersebut diterbitkan untuk pertama kalinya, dan harus dimintai pengesahan tiap tahunnya. Melihat 2 aturan di atas, sudah jelas jika polisi memiliki kewenangan untuk menilang kendaraan pribadi yang tidak patuh atau belum bayar pajaknya.

Cek STNK

Sebelum berurusan dengan polisi, ada baiknya jika kamu segera mengecek STNK untuk dapat memastikan jika kamu sudah membayar pajak tahunan sebelum batas waktunya yang tertera secara nyata di STNK. Jika kamu mampu membeli kendaraan pribadi maka kamu harus mampu untuk membayar pajak.