Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cirebon Barat

Posted on

Travel Bekasi Majalengka – Cirebon Barat adalah sebuah kota yang berlokasi di Jawa Barat, dan berada dekat perbatasan Jawa Tengah. Wilayah Cirebon kondang terdiri berasal dari hutan, pegunungan, dan gunung berapi. Cirebon menawarkan aneka wisata seni budaya, wisata sejarah, dan wisata kuliner. Pamor Cirebon termasuk makin tinggi sejak kerajinan kain batik khas Cirebon dilirik oleh penduduk lokall dan Internasional, lebih-lebih bagi kaum wanita yang mengkonsumsi batik khas Cirebon sebagai pakaian. Warna corak batik khas Cirebon yang berwarna-warni ini memiliki kandungan dampak budaya Cina, layaknya motif Batik Megamendung yang kini sedang mendunia.

Cirebon menarik para pengunjung lokal maupun Internasional bersama budaya pesisirnya, mirip budaya Banten, Batavia, Pekalongan, dan Semarang, yang merupakan campuran berasal dari budaya Cina, Arab, dan Eropa. Liburan ke Cirebon sehari, kamu mampu coba banyak perihal disana!
Wilayah Utama Cirebon Barat

Batas-batas wilayah Cirebon Barat yaitu,

• Utara: Sungai Kedung Pane
• Barat: Sungai Banjir Kanal atau Kabupaten Cirebon
• Selatan: Sungai Kalijaga
• Timur: Laut Jawa

Sejarah Cirebon Barat
Sebuah manuskrip bernama Purwaka Caruban Nagari perlihatkan bahwa pada abad ke-15 Cirebon semata-mata sebuah desa kecil nelayan bernama Muara Jati. Saat itu, pelabuhan Muara Jati lumayan aktif bersama kegiatan perniagaan kapal-kapal asing. Pengurus pelabuhan yaitu Ki Gedeng Alang-Alang yang ditunjuk oleh penguasa Kerajaan Galuh (Padjadjaran). Selain itu, muncul kegiatan Islam makin berkembang di tempat pelabuhan.

Pangeran Walangsungsang berasal dari Pajajaran menjabat sebagai Adipati Cirebon bergelar Cakrabumi. Ia kemudian mendirikan Kerajaan Cirebon yang baru dan perlihatkan kemenangannya atas Kerajaan Galuh. Ia membangun Kesultanan Cirebon menjadi tempat pelabuhan yang ramai di pantai utara Jawa. Cirebon berkembang menjadi tidak benar satu kesultanan yang independen di bawah pemerintahan Sunan Gunungjati di awal abad ke-16. Berdirinya Kerajaan Cirebon menandai diawalinya Kerajaan Islam Cirebon bersama pelabuhan Muara Jati yang aktivitasnya berkembang sampai kawasan Asia Tenggara.

Cara Pergi ke Cirebon Barat
Akses menuju Cirebon mampu ditempuh melalui berbagai cara, tidak cuman gunakan kendaraan privat Anda termasuk mampu naik transportasi bus, mobil travel, dan kereta api.

Anda mampu singgah ke Cirebon dan berlibur! Photo by @dhian_hardjodisastro taken at Cirebon Waterland

Pergi Ke Cirebon Barat Naik Kereta Api
Anda mampu naik kereta api Cirebon Express berasal dari Stasiun Gambir dan Stasiun Jatinegara, Jakarta, bersama harga karcis Rp. 70.000 per orang untuk gerbong tanpa AC (bisnis), atau Rp. 95.000 per orang untuk gerbong AC (eksekutif). Perjalanan menuju Cirebon memakan selagi 3 jam 15 menit. Pilihan kereta api lainnya adalah Argo Jati bersama harga karcis Rp. 120.000 per penumpang.

Pergi Ke Cirebon Barat Naik Bus
Ada berbagai pilihan bus antar kota bersama rute Cirebon, harga tiketnya berkisar muai berasal dari Rp. 35.000 untuk kelas ekonomi, dan Rp. 55.000 untuk kelas bisnis.

Pergi Ke Cirebon Barat Naik Pesawat Udara
Jika Anda berasal dari luar Pulau Jawa, Anda mampu gunakan pesawat hawa bersama rute obyek Bandung atau Jakarta, baru dilanjutkan memakai kendaraan melalui jalan darat menuju Cirebon.

 

Transportasi Umum di Cirebon Barat

Stasiun Kejaksan Cirebon via @ismail_nv
Ada lebih dari satu kendaraan lazim yang mampu Anda gunakan untuk berkeliling Cirebon, yaitu,
• Mobil rental, merupakan pilihan yang paling nyaman digunakan.
• Angkot, bersama tarif Rp. 3.000 per penumpang.
• Becak, model kendaraan ini mungkin yang paling banyak Anda temukan di Cirebon. Tarifnya terasa berasal dari Rp. 5.000 – Rp. 20.000, dan terkait pada kapabilitas Anda menawar harga.
• Taksi, umumnya kira-kira Rp. 75.000 per jam, tetapi mampu termasuk melalui tawar-menawar harga leih dulu.
• Ojek, mampu disewa sepanjang seharian bersama tarif kira-kira Rp. 60.000, atau terkait pada jauh dekatnya tempat obyek Anda.

Hotel di Cirebon Barat
Tersedia banyak pilihan hotel di Cirebon, terasa berasal dari hotel melati sampai hotel berbintang empat. Tarif kamar rata-rata Rp. 250.000 – Rp. 500.000 per malam. Rata-rata hotel-hotel ini sudah dilengkapi fasilitas yang lumayan baik, bersama situasi kamar yang bersih dan nyaman.

Beberapa hotel yang berlokasi di Cirebon Barat:
• Aston Cirebon Hotel dan Convention Centre, Jl. Brigjen Dharsono 12C (by pass), Cirebon Barat, Jawa Barat 451352
• Swiss-Belhotel Cirebon, Jl. Cipto Mangunkusumo 26, Cirebon Barat, Jawa Barat 45131
• Cordela Hotel Cirebon, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo 111, Cirebon Barat, Jawa Barat 45133
• Hotel Citradream Cirebon, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 6, Cirebon Barat, Jawa Barat 45131
• Batiqa Hotel Cirebon, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon Barat, Jawa Barat

Iklim di Cirebon Barat
Cirebon Barat miliki iklim tropis bersama curah hujan yang signifikan berlangsung sepanjang tahun. Musim kemarau berlangsung singkat. Suhu hawa rata-rata di dalam setahun adalah 27.4 °C, dan curah hujan rata-ratanya 2393 mm.

Bahasa Daerah Cirebon Barat
Masyarakat Cirebon sering menuturkan Bahasa Cirebon atau mereka menyebutnya Basa Cerbon. Bahasa tempat ini memiliki kandungan ciri khas bahasa-bahasa di pesisir utara Jawa Barat lainnya.