Cuka Apel untuk Jerawat

Cuka Apel Bragg – Apakah menggunakan cuka apel untuk jerawat di muka merupakan cara yang efektif? Mari kita temukan jawabannya di artikel ini.

Buat kamu yang belum menyadari apa itu cuka apel, cuka apel merupakan larutan yang dibuat bersama cara memfermentasikan sari buah apel.

Cuka apel sendiri menjadi tambah kondang di komunitas kesehatan dan komunitas penyembuhan alami/herbal dikarenakan manfaatnya yang bagus untuk kesehatan.

Memang, seperti yang udah dibahas di artikel sebelumnya, 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, cuka apel memiliki beraneka khasiat untuk kesehatan, seperti untuk menurunkan kandungan gula darah, mendukung menurunkan berat badan dan penurunan risiko terjangkit kanker.

Beberapa lebih-lebih mengklaim cuka apel memiliki kegunaan untuk menghalau jerawat.

Oleh dikarenakan itu, buat kamu yang memiliki persoalan bersama jerawat dan menginginkan mencoba cuka apel sebagai opsi untuk menghalau jerawat, baca artikel ini hingga selesai ya untuk menyadari jawabannya.

Cuka Apel untuk Jerawat: Apakah Efektif?

Pasti kamu dapat bertanya-tanya, “Apakah cuka apel efektif untuk menghalau jerawat?” Apalagi kalau kamu pada mulanya udah manfaatkan beraneka macam cara dan obat untuk menghalau jerawat.

Untuk menghalau rasa penasaran kamu, kamu dapat lihat video di bawah ini terlebih dahulu untuk menyadari efektivitas cuka apel untuk jerawat secara singkat.

Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat

1. Membantu Membunuh Bakteri Jerawat

Cuka (termasuk cuka apel) dikenal dikarenakan kemampuannya untuk membunuh banyak tipe bakteri dan virus. (Artikelnya dapat dibaca di sini)

Cuka apel udah terbukti dapat kurangi jumlah beberapa bakteri hingga 90% dan virus spesifik hingga 95%.

Lalu, apakah cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab jerawat juga? Jika kamu udah lihat video di atas, maka jawabannya adalah bisa. Dengan catatan cara penggunaan yang kudu diperhatikan juga.

Jadi, tipe bakteri yang berkontribusi pada munculnya jerawat di jawah dikenal sebagai Propionibacterium acnes, atau P. acnes.

Meskipun belum banyak penelitian berkenaan kapabilitas cuka apel untuk melawan bakteri P. acnes, tersedia beberapa penelitian berkenaan asam organik yang dikandung cuka apel.

Cuka apel punya kandungan asam asetat, sitrat, asam laktat, dan suksinat, yang seutuhnya udah terbukti dapat membunuh P. acnes.

Dalam sebuah penelitian, terdapat 22 orang kenakan losion berbahan asam laktat ke muka mereka dua kali sehari sepanjang satu tahun. Kebanyakan berasal dari mereka mengalami penurunan jerawat yang signifikan, saat hanya dua orang yang mengalami peningkatan kurang berasal dari 50%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, barangkali saja mengoleskan cuka apel ke kulit muka Kamu dapat mengendalikan dan menghalau bakteri penyebab jerawat.

2. Dapat Mengurangi Jaringan Parut atau Luka Bekas Jerawat

Selain untuk menghilangkan  jerawat, cuka apel diklaim dapat kurangi dan atau menghalau bekas luka atau jaringan parut di muka akibat jerawat.

Caranya jika dioleskan langsung ke kulit bekas luka (Catatan: Perhatikan dosis penggunaan dikarenakan kulit muka benar-benar sensitif), beberapa kandungan asam organik yang ditemukan di dalam cuka apel udah terbukti mendukung hal ini (menghilangkan/mengurangi bekas luka atau jaringan parut akibat jerawat).

Proses mengaplikasikan asam organik ke kulit sering disebut sebagai “chemical peeling.” Asam menghalau susunan kulit luar yang rusak dan menaikkan regenerasi sel kulit.

Secara khusus, pengelupasan kimia bersama asam suksinat udah terbukti menghimpit peradangan yang disebabkan oleh P. acnes, yang dapat mendukung menghindar jaringan parut keluar di kulit wajah.

Asam laktat termasuk udah terbukti melakukan perbaikan tekstur, pigmentasi, dan tampilan kulit pada individu bersama bekas jerawat.

Sementara studi berkenaan asam organik membuktikan hasil yang menjanjikan, tapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi pengaruh cuka apel pada jaringan parut atau bekas luka.

Satu hal yang kudu diperhatikan, penggunaan cuka apel pada muka kudu diperhatikan pemakaiannya. Karena cuka apel punya kandungan asam dan kulit muka termasuk sensitif, pasti tersedia pengaruh samping yang dihasilkan dikala menggunakannya.

Sebaiknya, baca termasuk pembahasan pengaruh samping cuka apel di anggota bawah artikel ini.